CONTOH SOAL

Membuat Daftar Distribusi Frekuensi

Langkah-langkah

1)    Menentukan Range (R)

Yaitu data terbesar dikurangi dengan data terkecil.

R = Data terbesar-Data terkecil

2)       Menentukan banyak kelas yang akan dibuat (K).

K = 1 + 3,33 log N

Dimana:

K= banyak kelas yang akan dibuat

N= banyaknya data

3)      Menentukan panjang interval kelas (I)

I = R/K

Dimana :

I = Interval kelas

R = Range

K = Banyak kelas yang akan dibuat

4)     Menentukan ujung bawah/limit bawah kelas yang pertama. Ujung    bawah/limit bawah kelas yang pertama ditentukan dengan    cara mengambil data terkecil.

5)     Menentukan batas bawah dari batas kelas yang pertama.Batas bawah dari batas kelas yang pertama ditentukan dengan      cara mengurangi dengan angka 0,5 dari ujung bawah/limit bawah kelas yang pertama.

Catatan :

a)      Bila data dicatat dalam bilangan bulat maka batas bawah dari batas kelas yang pertama adalah ujung bawah/limit bawah dari kelas yang pertama dikurangi dengan angka 0,5

b)      Bila data dicatat satu angka dibelakang koma, maka batas bawah dari batas kelas yang pertama adalah ujung bawah/limit bawah dari kelas yang pertama dikurangi dengan angka 0,05

c)      Bila data dicatat dua angka dibelakang koma maka batas bawah dari batas kelas yang pertama adalah ujung bawah/limit bawah dari kelas yang pertama dikurangi dengan angka 0,005

6)       Menentukan batas atas dari batas kelas yang pertama.

Batas atas dari batas kelas yang pertama dapat ditentukan dengan mempergunakan rumus I = BaKlsI – BbKlsI

Dimana :

I = Interval kelas

BaKlsI = Batas atas kelas yang pertama

BbKlsI = Batas bawah kelas yang pertama

7)       Menentukan limit atas dari kelas yang pertama.

Limit atas dari kelas yang pertama ditentukan dengan cara mengurangi dengan angka 0,5 dari ujung bawah/limit bawah kelas yang pertama.

Catatan :

a)      Bila data dicatat dalam bilangan bulat maka batas atas dari kelas yang pertama adalah batas atas dari batas kelas yang pertama dikurangi dengan angka 0,5

b)      Bila data dicatat satu angka dibelakang koma, maka limit atas dari kelas yang pertama adalah batas atas dari batas kelas yang pertama dikurangi dengan angka 0,05

c)       Bila data dicatat dua angka dibelakang koma maka limit atas dari kelas yang pertama adalah batas atas dari batas kelas yang pertama dikurangi dengan angka 0,005

8)       Mendaftarkan/menentukan kelas/batas kelas yang lain.

Kelas-kelas yang lain ditentukan dengan cara menambahkan nilai interval pada limit bawah dan limit atas terhadap kelas yang sebelumnya atas yang diatasnya, demikian juga dalam menentukan batas kelas-batas kelas yang lain yaitu dengan jalan menambahkan interval pada batas bawah/batas atas dari batas kelas sebelumnya.

Contoh:

Bila data hasi survey tentang produktivitas padi sawah pada suatu desa adalah sebagai berikut:

15 5 11 7 9
15 10 11 6 9
15 10 8 6 13
5 10 8 7 13
5 12 8 9 14

Berkaitan dengan data diatas jawablah pertanyaan berikut:

a)      Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi,

b)     Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi relatif dan persentase,

c)      Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi komulatif untuk tanda kelas lebih kecil atau sama dengan (≥),

d)      Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi komulatif untuk tanda kelas lebih kecil atau sama dengan (≤),

e)      Hitunglah nilai tengah ( NT ) dari data diatas,

f)       Hitunglah median ( ME),

g)       Hitung modus (Mo)

Jawab:

a)       Daftar distribusi frekuensi

1)        Range = Data terbesar – Data terkecil

15 – 5 = 10

2)        K = 1 + 3,33 log N

= 1 + 3,33 log 25

= 5,662

= 5

3)        I = R/K

= 10/5

= 2

4)      Limit bawah kelas yang pertama

Karena data terkecil adalah 5 maka limit bawah kelas yang pertama adalah 5

5)       Batas bawah dari batas kelas yang pertama

Limit bawah dari kelas yang pertama dikurangi 0,5 = 4,5

6)       Batas atas dari batas kelas yang pertama

I = BaKls – BbKls

2 = BaKls – 4,5

BaKls = 6,5

7)       Limit atas dari kelas yang pertama

Batas atas dari batas kelas yang pertama dikurangi 0,5 = 6

Daftar distribusi frekuensi absolut

Kelas Batas Kelas Titik TengahKelas Tally Frekuensi
5 – 6 4.5 – 6,5 5,5 5
7 – 8 6,5 – 8,5 7,5 5
9 – 10 8,5 – 10,5 9,5 6
11 – 12 10,5 – 12,5 11,5 3
13 – 14 12,5 – 14,5 13,5 3
15 – 16 14,5 – 16,5 15,5 3
Total 25

Daftar distribusi frekuensi relatif

Kelas Batas Kelas Titik TengahKelas Tally Frekuensi relatif
5 – 6 4.5 – 6,5 5,5 5/25
7 – 8 6,5 – 8,5 7,5 5/25
9 – 10 8,5 – 10,5 9,5 6/25
11 – 12 10,5 – 12,5 11,5 3/25
13 – 14 12,5 – 14,5 13,5 3/25
15 – 16 14,5 – 16,5 15,5 3/25
Total 25/25

Daftar distribusi frekuensi persentae ( % )

Kelas Batas Kelas Titik TengahKelas Tally Frekuensi ( % )
5 – 6 4.5 – 6,5 5,5 20
7 – 8 6,5 – 8,5 7,5 20
9 – 10 8,5 – 10,5 9,5 24
11 – 12 10,5 – 12,5 11,5 12
13 – 14 12,5 – 14,5 13,5 12
15 – 16 14,5 – 16,5 15,5 12
Total 100

Daftar distribusi frekuensi komulatif lebih besar dari (≥)

Batas Kelas Titik TengahKelas Tally Frekuensi
≥ 4.5 5,5 25
≥ 6,5 7,5 20
≥ 8,5 9,5 15
≥ 10,5 11,5 9
≥ 12,5 13,5 6
≥ 14,5 15,5 3
Total

Daftar distribusi frekuensi komulatif lebih kecil dari (≤)

Batas Kelas Titik TengahKelas Tally Frekuensi
≥ 4.5 5,5 0
≥ 6,5 7,5 5
≥ 8,5 9,5 10
≥ 10,5 11,5 16
≥ 12,5 13,5 19
≥ 14,5 15,5 22
Total

5 responses to “CONTOH SOAL

  1. Pingback: CONTOH SOAL | puputnuryadi

  2. I very like the is video

  3. Anonymous

    Halo, mau tanya dong. Jika ada soal di mana kita sudah mencari dan mendapatkan jumlah kelas dan interval kelasnya dengan metode seperti di atas, kemudian saat menentukan kelas, datum terkecil sebagai batas bawah kelas pertama dan seterusnya sampai ke jumlah kelas yang telah ditentukan. Masalahnya pada kelas terakhir, datum terbesar belum masuk, sedangkan interval dan jumlah kelas telah sesuai dengan yang dicari sebelumnya.
    Contoh, datum terkecil 500 dan datum terbesar 800. Jumlah data 25.
    R = 800-500=300
    K = 1+ 3.3 (Log 25) = 5.6 (dibulatkan jadi 6)
    I = 300/6 = 50
    Kelas :
    500-549
    550-599
    600-649
    650-699
    700-749
    750-799 >>>>>> datum terbesar (800) belum masuk sedangkan kelas telah mencapai 6 kelas.

    Jika yang dipakai K = 5, I = 300/5 = 60 maka kelas :
    500-559
    560-619
    620-679
    680-739
    740-799 >>>>>> datum terbesar (800) belum masuk sedangkan kelas telah mencapai 5 kelas.

    Tolong bantuannya ya bagaimana cara memecahkan soal seperti ini atau apakah ada metode lain yang bisa digunakan untuk soal seperti ini.

    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

  4. kalau belum ke 800 ..harus dibuatkan kelas baru dibawah nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s